Tuesday, January 24, 2023

Materi Tema 9 PAI Kelas 6

Informasi Halaman :
Author : Syarif Hidayatullah, Staf Pengajar PAI di SMK Umar Mas'ud Sangkapura.
Judul Artikel : Materi Tema 9 PAI Kelas 6
URL : http://ibnsyam.blogspot.com/2023/01/materi-tema-9-pai-kelas-6.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!

  

Ayo Berinfaq dan Bersedekah

 

A. Infaq

Kata infaq diambil dari akar kata nafaqa yang berarti keluar. Sementara dalam kamus Arab ”Al-Azhar” kata ‘infaq’ berarti perihal menafkahkan atau membelanjakan.

Pengertian di atas didukung oleh firman Allah dalam QS At-Talaq ayat 7:

لِيُنْفِقْ ذُو سَعَةٍ مِنْ سَعَتِهِ ۖ وَمَنْ قُدِرَ عَلَيْهِ رِزْقُهُ فَلْيُنْفِقْ مِمَّا آتَاهُ اللَّهُ ۚ لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا مَا آتَاهَا ۚ سَيَجْعَلُ اللَّهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُسْرًا

Artinya: ”Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan.”

Jadi, infaq diartikan mengeluarkan/ menyerahkan sesuatu harta benda sesuai dengan kemampuannya.

Barang yang kita infakkan atau sumbangkan jangan takut berkurang, bahkan Allah berjanji akan menggantinya. Seperti firman-Nya di dalam QS as-Saba’ ayat 39:

 وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ

Artinya: ”. . . dan apa saja yang kamu infaqkan, Allah akan menggantinya . . .”

 

B. Sedekah (Sadaqah)

Sedekah berasal dari akar kata șadaqa berarti sesuatu yang benar atau jujur.

Pengertian sedekah adalah suatu pemberian yang dilakukan seorang muslim kepada orang lain secara spontan dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.

Juga sedekah dapat diartikan sebagai suatu pemberian yang dilakukan seseorang sebagai kebajikan yang hanya mengharap pahala dan rida Allah semata.

Bersedekah tidak hanya berupa harta benda, tetapi bisa berupa jasa dan tindakan. Misalnya, tersenyum kepada sahabat atau gurumu adalah sedekah. Atau, jika di dekat rumahmu ada masjid yang sedang dibangun. Ternyata kamu tidak bisa menyumbang uang dan barang, kamu bisa juga bersedekah tenaga.


Perbedaan Infaq dan Sadaqah

Infaq

Sadaqah

Kata infaq mengandung pengertian pemberian yang bersifat materi, yaitu: harta atau benda yang diberikan kepada orang lain sesuai dengan kemampuan.

Sedekah memiliki arti lebih luas dari infaq, yaitu: pemberian barang atau jasa, yang bersifat materi dan non materi.

Contoh non materi, yaitu memberikan jasa, mengajarkan ilmu pengetahuan, memberi nasihat, senyuman, dan mendoakan orang lain.

 

D. Hikmah Infaq dan Sadaqah

Beberapa hikmah berinfaq dan bersedekah berikut ini: 

  1. Orang yang bersedekah akan dimudahkan Allah Swt. dalam usahanya mencari rezeki.
  2. Bersedekah adalah sebagai wujud syukur akan nikmat yang Allah Swt. berikan.
  3. Allah akan menambah rezeki orang yang berinfak dan bersedekah.
  4. Allah akan memperhatikan dan menjaga orang yang berinfak dan bersedekah, serta tidak menyia-nyiakan atau membiarkannya.
  5. Malaikat akan mendoakan kebaikan kepada orang yang gemar bersedekah.
  6. Hati orang yang berinfak dan bersedekah tenang dan tenteram, jauh dari kegelisahan, stres dan penyakit kejiwaan lainnya.
  7. Orang yang berinfaq dan bersedekah mendapat pahala dari Allah. Bahkan, Nabi Muhammad shallallahu `alaihi wasallam bersabda yang artinya:   ”Apabila anak Adam meninggal dunia, maka terputuslah amalnya, kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat bagi manusia, dan anak saleh yang mendoakannya.” (HR Muslim).
  8. Orang yang berinfak dan bersedekah akan dihapus sebagian dari dosanya. Sebagaimana firman Allah di dalam QS Al-Baqarah 271.

إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۖ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya: "Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan."


RANGKUMAN

  1. Kata ‘infak’ berarti perihal menafkahkan atau membelanjakan. Makna berinfak adalah mengeluarkan sesuatu (harta) sesuai dengan kemampuannya.
  2. Sedekah berasal dari akar kata șadaqa berarti sesuatu yang benar atau jujur. Makna sedekah adalah suatu pemberian yang dilakukan seorang muslim kepada orang lain secara spontan dan sukarela (hanya mengharap rida Allah Swt.) tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.
  3. Hikmah berinfak dan bersedekah antara lain sebagai berikut.

  • Bersedekah adalah sebagai wujud rasa syukur kita terhadap nikmat yang Allah Swt. berikan.
  • Allah Swt. akan menambah rezeki orang yang berinfak dan bersedekah.
  • Malaikat mendoakan kebaikan kepada orang yang gemar bersedekah.
  • Orang yang infak dan sedekah akan terhindar dari kerugian, bencana, kesusahan, dan marabahaya, serta memperpanjang umur.
  • Orang yang berinfak dan bersedekah hatinya tenang dan tenteram.
  • Orang yang berinfak dan bersedekah mendapat pahala dan dihapuskan dosa-dosanya.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di ibnsyam.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment

Pembaca yang baik, selalu meningggalkan pesan.