Tuesday, May 29, 2012

PEMIKIRAN MUHAMMAD ABDUH DALAM PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM

Informasi Halaman :
Author : Syarif Hidayatullah, Staf Pengajar PAI di SMK Umar Mas'ud Sangkapura.
Judul Artikel : PEMIKIRAN MUHAMMAD ABDUH DALAM PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM
URL : http://ibnsyam.blogspot.com/2012/05/pemikiran-muhammad-abduh-dalam.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!

Semenjak runtuhya dinasti abasiyah islam secara perlahan dengalami kemunduran diberbagai bidang. Keadaan inipun diperparah dengan kedatangan kaum imperialisme barat. Mereka datang untuk menjajah dan mengoyak-oyak wilayah islam menjadi daerah kecil-kecil dan menghilangkan rasa nasionalisme umat islam dengan menimbulkan berbagai fitnah dan adu domba antar umat islam sendiri. Sehingga umat islam yang dulu mengalami masa kemasan berbalik 180 derajat menjadi masa kemundurun dan statis dalam berbagai bidang, terutama dalama bidang ilmu pengetahuan.

Namun diantara para penjajah, ada yang tidak begitu saja menjajah suatu wilayah. Mereka ada yang memasukkan peradaban barat yang lebih modern, baik dalam bidang ekonomi, polotik, pemerintahan, sosial bahkan ilmu pengetahuan. Sebut saja penjajah itu adalah bangsa inggris. Namun walau begitu semua aspek tadi tetap dibawah kendali penjajah. Jadi umat islam ibarat boneka yang bisa seenaknya saja dimaninkan oleh pemainnya.

Seiring berjalanya waktu, dan semakin terdidiknya umat islam di awal abad 20 mmulailah muncul para pembaharu umat islam dan wacana kebangkitan islam mulai merangkak naik. Salah satu kebangkitan umat islam itu diawali di negara mesir ang waktu itu dibawah jajahan inggris. Salah satu tokoh pembaharu mesir adalah Muhammad Abduh yang mulai kritis terhadap kemunduruan islam karenaketidak puasan terhadap pendidikan dan ketidak adilan penguasa. Semangat perjuangannya bertambah kuat ketika bertemu jamaludin al-afghani yang kemudian menjadi gurunya.

Muhammad abduh melakukan pembaharuan dalam berbagai bidang di Mesir, mulai dari konsep agama, pemerintahan bahkan pendidikan. Dalam pendidikan ia sagat kritis akan kelemahan pendidikan di al-ahzar, sehingga ia sangat gencar dalam menyuarakan pembaruan di pendidikan yang waktu itu merupakan kiblat pendidikan islam. Untuk lebih lengkapnya pembahasan ini akan dibahas pada bab-bab selanjutnya.


untuk download makalah lengkap, silahkan klik disini!!!
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di ibnsyam.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment

Pembaca yang baik, selalu meningggalkan pesan.