Tuesday, May 29, 2012

hubungan filsafat, agama, dan ilmu pengetahuan

Informasi Halaman :
Author : Syarif Hidayatullah, Staf Pengajar PAI di SMK Umar Mas'ud Sangkapura.
Judul Artikel : hubungan filsafat, agama, dan ilmu pengetahuan
URL : http://ibnsyam.blogspot.com/2012/05/hubungan-filsafat-agama-dan-ilmu.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!

1)Filsafat dan agama 
Dalam buku filsafat agama karangan Dr.H.Rosjidi diuraikan tentang perbedaan dengan agama.
a. Filsafat :Filsafat berarti berpikir
Willian Temple, filsafat adalah menuntut pengetahuan untuk memahami.
C.S Lewis membedakan enjoyment & contemplation misalnya : laki-laki mencintai perempuan.
Filsafat banyak berhubungan dengan pikiran yang dingin tenang. Filsafat dapat diumpamakan seperti air telaga yang tenang & jernih dan dapat dilihat dasarnya. Seorang ahli filsafat, jika berhadapan dengan penganut aliran atau paham lain, biasanya bersikap lunak. Filsafat, walaupun bersikap tenang dalam pekerjaannya sering mengeruhkan pikiran pemeluknya. Ahli filsafat ingin mencari kelemahan dalam tiap-tiap pendirian & argumen, walaupun  argumennya sendiri.
b. Agama :Agama berarti mengabdikan diri dan hidup secara beragama sesuai dengan aturan-aturan agama itu. Agama menuntut pengetahuan untuk beribadah yang utama merupakan hubungan manusia dengan tuhan. Agama dapat dikhiaskan dengan enjoyment atau rasa cinta seseorang. Agama banyak berhubungan dengan hati. Agama dapat diumpamakan sebagai air sungai yang terjun dari bendungan dengan gemuruhnya. Agama oleh pemeluk-pemeluknya. Agama dengan semangat & perasaan pengabdian diri, juga mempunyai efek yang memenangkan jiwa pemeluknya.
2) Filsafat & ilmu pengetahuanMenurut Louis Kattsoff mengatakan bahwa : bahasa yang dipakai dalam filsafat & ilmu pengetahuan dalam beberapa hal saling melengkapi.Harold H.Titus menerapkan ilmu pengetahuan mengisi filsafat dengan sejumlah besar materi aktual & deskriptif, yang sangat perlu dalam pembinaan suatu filsafat.
3) Bedanya filsafat dengan ilmu-ilmu lainFilsafat menyelidiki, serta memikirkan seluruh alam kenyataan & menyelidiki bagaimana hubungan kenyataan satu sama lain. Filsafat tidak saja menyelidiki tentang sebab akibat tetapi menyelidiki hakikatnya sekaligus. Dalam pembahasannya filsafat menjawab apa ia sebenarnya, dari mana asalnya & hendak kemana perginya.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di ibnsyam.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment

Pembaca yang baik, selalu meningggalkan pesan.