Friday, May 11, 2012

Strategi Berdakwah

Informasi Halaman :
Author : Syarif Hidayatullah, Staf Pengajar PAI di SMK Umar Mas'ud Sangkapura.
Judul Artikel : Strategi Berdakwah
URL : http://ibnsyam.blogspot.com/2012/05/semangat-berdakwah.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!

Dakwah Islam membawa misi amar ma’ruf nahi munkar dengan berpegang teguh pada perintah Allah sesuai dengan firman-Nya pada surat An–Nahl ayat 125:
اُدْعُ اِلىَ سَبِيْلِ رَبَِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتى هِيَ اَحْسَنُ اِنَّ رَبَّكَ هُوَ اَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيْلِهِ وَهُوَ اَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِيْنَ
Artinya : “Serulah manusia kepada jalan Tuhanmu dengan bijaksana dengan cara yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik .Sesungguhnya Tuhanmu adalah lebih mengetahui tentang siapa yang sesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petuntuk.”
Dalam rangka menegakkan agama Allah maka dakwah yang dilakukan berupa mengajak manusia ke jalan-Nya. Menyuruh mengerjakan yang ma’ruf dan melarang mengerjakan yang mungkar. Sehingga, kewajiban berdakwah berlaku bagi kaum muslim tanpa terkecuali. Hal ini terlihat pada ladang dakwah yang tersedia mengharapkan sentuhan–sentuhan rohani dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.
Da’i yang selama ini menjadi tokoh utama dalam mengemban tugas amar ma’ruf nahi mungkar membutuhkan generasi–generasi baru yang nanti bisa meneruskan misi dakwahnya. Untuk mencapai kesuksesan dalam regenerasi atau pembinaan kader-kader dakwah maka diperlukan management yang tepat dan terorganisir.
Terlepas dari kaderisasi dakwah yang dilakukan secara personal ataupun kolektif, hal paling fundamental terletak pada etika seorang da’I dalam berdakwah sehingga mampu diterima dengan baik oleh mad’u (masyarakat).


Silahkan tinggalkan komentar anda dibawah!

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di ibnsyam.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment

Pembaca yang baik, selalu meningggalkan pesan.